Rabu, 31 Oktober 2007

YAYASAN BHAKTI LUHUR

Yayasan Bhakti Luhur Jakarta, berdiri tahun 1991 di Grogol, adalah yayasan sosial yang menangani anak-anak cacat baik fisik dan mental, yatim piatu, miskin, dan terlantar. Seluruh pengajar dan pengurus adalah tenaga sukarela yang bekerja karena terpanggil dan yakin bahwa ini adalah tugas dari Tuhan.

Bermula dari rumah pinjaman, dan setelah beberapa kali berpindah tempat, akhirnya pada tahun 1996 , yayasan ini mendapat sumbangan dari keluarga dermawan, sebidang tanah di Ciputat, dimana saat ini sudah dibangun gedung SLB dan rumah untuk anak-anak cacat.

Yayasan ini memiliki dua orientasi pelayanan, yaitu :
- pelayanan untuk anak-anak tuna grahita dan cacat ganda
- pelayanan untuk anak-anak nelayan dan anak-anak pemulung.

Yayasan ini memiliki program RBM (Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat) yaitu program pelatihan keluarga dan masyarakat untuk terlibat dalam melakukan pencarian, pembinaan dan perawatan anak cacat.

Pencarian anak-anak tuna grahita dan cacat ganda ini dilakukan karena masih banyak anak-anak dengan kasus tersebut yang disia-siakan oleh keluarganya, karena merasa aib keluarga dan harus disembunyikan. Ada pula yang menganggapnya takdir sehingga tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Anak-anak seperti ini ditelantarkan begitu saja oleh keluarganya sampai maut menjemput.

Ironisnya anak-anak dengan kasus seperti ini banyak ditemukan di dalam keluarga miskin. Kurangnya gizi pada saat kehamilan, bayi yang dilahirkan premature, jarak antar kelahiran yang terlalu dekat, sakit step/ panas tinggi pada anak yang tidak cepat terobati menjadi alasan klasik munculnya cacat ini.

Dalam kerangka masalah kemiskinan, dengan dimotori Bruder Alma, mulai November 1997, yayasan ini juga menangani sekitar 300 anak-anak nelayan, pemulung dan cacat ganda di Cilincing, dengan bermodal saung bambu sebagai tempat beraktivitas.

Tidak ada komentar: